fbpx

Latihan Dasar Kepemimpinan, Menyulut Semangat Generasi Unggul

Humas, 20 Februari 2024 – Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Buleleng menggelar sebuah kegiatan yang tidak hanya berfokus pada pembelajaran akademis, namun juga pada pengembangan karakter dan kepemimpinan siswa. Dimulai pada tanggal 20 Februari 2024 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Buleleng  mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) khusus bagi pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Dewan Kerja Penggalang (DKP). Tujuan dari kegiatan ini yaitu: untuk menumbuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat dan menyiapkan siswa-siswi untuk mengemban peran sebagai pemimpin masa depan yang berkarakter.

Dalam serangkaian kegiatan LDK yang dinamis ini, para peserta diajak untuk menjelajahi beberapa aspek penting dalam pengembangan kepemimpinan mereka.

Pembina OSIM Sekaligus Ketua Panitia LDK Bapak Ghofar Ismail melaporan bahwa kegiatan LDK yang berlangsung selama 4 hari ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada OSIM dan DKP yaitu :

Pertama, para siswa dibimbing untuk mengasah kemampuan komunikasi. Peserta LDK belajar bagaimana berinteraksi secara efektif, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan memahami perspektif teman sekelompok mereka. Kemampuan ini merupakan landasan utama bagi seorang pemimpin yang ingin berhasil memimpin dengan baik.

Kedua, peserta LDK diberi kesempatan untuk memperdalam kemampuan dalam pengambilan keputusan. Seorang pemimpin yang efektif harus mampu membuat keputusan yang tepat dalam berbagai situasi, dengan mempertimbangkan informasi yang tersedia serta dampak dari setiap pilihan yang diambil.

Selanjutnya, para siswa-siswi juga diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme. Mereka diajak untuk menyadari pentingnya cinta terhadap tanah air, memiliki kesadaran sejarah yang kuat, dan merawat identitas nasional sebagai bagian dari kepemimpinan yang bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, LDK juga menjadi ajang untuk mengembangkan kemandirian dan integritas. Para peserta dibentuk untuk memiliki disiplin diri yang tinggi, percaya diri, serta menjunjung tinggi integritas dalam setiap tindakan dan keputusan yang mereka ambil.

Kepala Urusan Tata Usaha, Bapak Bacok Hairul Muttaqin yang mewakili Kepala Madrasah, mengungkapkan pentingnya acara LDK ini dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan. Ia menegaskan bahwa “LDK merupakan langkah awal yang penting bagi para siswa dalam perjalanan pengembangan keterampilan kepemimpinan mereka”. Harapannya, melalui OSIM dan DKP, siswa-siswa ini dapat tumbuh menjadi pemimpin yang tidak hanya santun dan mandiri, tetapi juga memiliki wawasan yang kuat terhadap kebangsaan.
Lebih lanjut Bapak Kaur TU MTsN 1 Buleleng menegaskan bahwa kegiatan LDK ini bertujuan untuk :
1. Menumbuhkan karakter Jiwa Kepemimpinan : Melalui kegiatan LDK siswa-siswi akan belajar tentang kepemimpinan, bagaimana memimpin dengan bijaksana dan mengambil tanggung jawab
2. Mengembangkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme : Kegiatan ini akan memberikan keterampilan dan pengalaman berharga dalam kepemimpinan
3. Memberi skill dan pengalaman: Kegiatan ini akan memberikan keterampilan dan pengalaman berharga
4. Membentuk jiwa disiplin, percaya diri, dan berintegrasi: Disiplin adalah kunci kesuksesan, dan percaya diri serta integritas adalah pondasi kepemimpinan yang kuat.

Antusiasme peserta terlihat jelas dalam kegiatan ini, mereka mengikuti kegiatan dengan semangat tinggi dan juga berharap dapat menerapkan apa yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Madrasah maupun di luar.

Dengan harapan dan semangat yang tertuju pada kesuksesan LDK dalam mencetak generasi pemimpin yang Unggul Dalam Prestasi dan Berakhlakul Karimah di masa depan. Semoga setiap peserta dapat membawa pulang pengalaman berharga dan kompetensi yang dibutuhkan untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat.

3 thoughts on “Latihan Dasar Kepemimpinan, Menyulut Semangat Generasi Unggul”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *